MTS RAUDHOTUSHIBYAN
MENUJU SEKOLAH UNGGULAN DAN TERBAIK
Sekolah beriringan
dengan maksud pendiriannya ada sebuah cita-cita yang ingin dicapai dalam rangka
memberikan yang terbaik bagi generasi yang haus akan ilmu pengetahuan. Melalui
visi misi sekolah tergambarkanlah pokok-pokok tujuan yang hendak diwujudkan baik
dalam jangka pendek maupun perancangan dalam pencapaian tujuan jangka panjang.
Kemudian visi misi tersebut diterjemahkan pula ke dalam bentuk program-program
kerja sekolah yang disusun sedemikian rupa yang disesuaikan dengan kondisi
serta kemampuan dari tiap-tiap sekolah. Tentunya program kerja tersebut adalah
segala sesuatu yang bisa diukur serta tidak menimbulkan penafsiran ganda dari
pihak-pihak yang berkepentingan pada maksud dan sasaran program kerja.
Namun
satu yang pasti bahwa dari sebuah visi kemudian dalam penjabarannya menjadi
program kerja semuanya bermuara pada satu keinginan bagaimana sekolah tersebut
dapat menjadi sekolah harapan.
Sekolah harapan dapat pula diartikan sebagai sekolah unggulan atau anda bisa juga menyebutnya sekolah andalan atau anda ingin mengatakan sekolah harapan sebagai sekolah favorit semuanya memiliki padanan dari segi substansi. Suatu sekolah dapat dikatakan sebagai sekolah harapan apabila dapat mewujudkan slogan yang disandangnya yakni dapat menjadi harapan bagi siswa, orangtua, guru, serta masyarakat luas.
Sekolah harapan dapat pula diartikan sebagai sekolah unggulan atau anda bisa juga menyebutnya sekolah andalan atau anda ingin mengatakan sekolah harapan sebagai sekolah favorit semuanya memiliki padanan dari segi substansi. Suatu sekolah dapat dikatakan sebagai sekolah harapan apabila dapat mewujudkan slogan yang disandangnya yakni dapat menjadi harapan bagi siswa, orangtua, guru, serta masyarakat luas.
Sekolah
dapat menjadi harapan bagi para siswanya jika sekolah tersebut mampu memenuhi
keinginan pelanggan yang satu ini yang telah kita ketahui menjadi input utama
dalam kegiatan pendidikan. Keinginan mereka agar dapat menjadi yang terbaik
melalui program-program sekolah yang mereka geluti, keinginan mereka agar
selalu mendapat perhatian dari gurunya yang rindu akan bimbingan serta arahan
kepada perkembangan jiwa dan raganya. Sekolah yang memiliki kemampuan
berinovasi tiada henti sehingga siswa tidak merasa jenuh berada di dalamnya.
Sekolah yang tidak hanya mementingkan perkembangan fisik sekolah tetapi lebih
mengutamakan perkembangan aspek moralitas siswa. Sekolah yang mampu membaca
potensi setiap siswa dan mengawal mereka untuk mencapai hasil lebih dari
potensi yang dimiliki. Demikian pula siswa menjadi senang berada di sekolah
bukan sebaliknya seakan sekolah bagai penjara yang di dalamnya selalu ada
tekanan yang mereka harus alami tiap harinya. Sekolah yang tidak hanya
mengandalkan aturan serta sanksi sebagai pengendali situasi sekolah namun lebih
daripada itu lebih menitik beratkan pada pendekatan persuasif yang bersifat
lebih manusiawi. Sekolah yang dapat memberikan apresiasi kepada seluruh siswa
berdasarkan jenis kecerdasan yang ada pada mereka bukan hanya apresiasi itu
diberikan kepada sekelompok siswa yang hanya menilai sebagian kecil aspek
kompetensi. Karena prinsipnya adalah bahwa semua anak dilahirkan dengan potensi
masing-masing yang harus kita hargai.
Sekolah
dapat menjadi harapan bagi para orang tua jika sekolah tersebut mampu menjadi
mitra dalam pendidikan dan pembinaan anak mereka. Mereka merasa apa yang
disiapkan sekolah sesuai dengan keinginan mereka sehingga tidak ada
keragu-raguan jika harus mempercayakan pembinaan anak mereka di sekolah kita.
Sekolah yang mampu membangun kerjasama, komunikasi yang berkesinambungan,
manajemen yang jelas antara orang tua dan sekolah menjadi kunci keberhasilan
sekolah membangun hubungan positif dengan orang tua siswa.
Sekolah
dapat menjadi harapan bagi guru jika sekolah tersebut mampu mengakomodasi
segala kebutuhan guru terutama kebutuhan dari segi peningkatan kualitas
individu yang berimplikasi pada kegiatan belajar mengajar yang diharapkan.
Sekolah senantiasa memberikan perhatian lebih terhadap apa saja yang menunjang
lahirnya jiwa keprofesionaslimean dalam diri tiap guru, baik dari segi fisik
maupun non fisik. Membangun suasana persaudaraan antara segenap warga sekolah,
baik guru dengan guru yang lainnya, guru dengan pimpinan, dan seterusnya.
Sekolah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada guru untuk
meningkatkan kompetensi melalui suplai fasilitas dan dorongan semangat. Sekolah
harapan adalah sekolah yang dapat menjadi pabrik lahirnya guru-guru berkualitas
yang penilaiannya bukan pada ada tidaknya sertifikat profesi. Sekolah yang
mampu menanamkan kepada guru arti sebuah kebersamaan dalam perjuangan, semangat
kerja keras, serta memaksimalkan proses menuju hasil yang dicita-citakan.
Ini
yang terakhir, bagaimana sekolah dapat menjadi harapan bagi masyarakat luas.
Jika semua komponen sekolah baik itu pimpinan sekolah, guru, orang tua, dan
siswa mampu menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing maka itulah
sekolah harapan masyarakat. Bukan begitu?
Terimakasih telah membaca postingan "MTS RAUDHOTUSHIBYAN MENUJU SEKOLAH UNGGULAN DAN TERBAIK" semoga ini menjadi sebuah harapan dan doa untuk mewuudkan sebuah kontribusi lembaga pendidkan bagi kemajuan bangsa. Amin...
Admin Sistem Informasi Madrasah (SIM)
0 Comments:
Posting Komentar