Selasa, 07 Oktober 2014

MTS RAUDHOTUSHIBYAN MENUJU SEKOLAH UNGGULAN DAN TERBAIK

21.37

MTS RAUDHOTUSHIBYAN MENUJU SEKOLAH UNGGULAN DAN TERBAIK
Sekolah beriringan dengan maksud pendiriannya ada sebuah cita-cita yang ingin dicapai dalam rangka memberikan yang terbaik bagi generasi yang haus akan ilmu pengetahuan. Melalui visi misi sekolah tergambarkanlah pokok-pokok tujuan yang hendak diwujudkan baik dalam jangka pendek maupun perancangan dalam pencapaian tujuan jangka panjang. Kemudian visi misi tersebut diterjemahkan pula ke dalam bentuk program-program kerja sekolah yang disusun sedemikian rupa yang disesuaikan dengan kondisi serta kemampuan dari tiap-tiap sekolah. Tentunya program kerja tersebut adalah segala sesuatu yang bisa diukur serta tidak menimbulkan penafsiran ganda dari pihak-pihak yang berkepentingan pada maksud dan sasaran program kerja.
Namun satu yang pasti bahwa dari sebuah visi kemudian dalam penjabarannya menjadi program kerja semuanya bermuara pada satu keinginan bagaimana sekolah tersebut dapat menjadi sekolah harapan.
Sekolah harapan dapat pula diartikan sebagai sekolah unggulan atau anda bisa juga menyebutnya sekolah andalan atau anda ingin mengatakan sekolah harapan sebagai sekolah favorit semuanya memiliki padanan dari segi substansi. Suatu sekolah dapat dikatakan sebagai sekolah harapan apabila dapat mewujudkan slogan yang disandangnya yakni dapat menjadi harapan bagi siswa, orangtua, guru, serta masyarakat luas.
Sekolah dapat menjadi harapan bagi para siswanya jika sekolah tersebut mampu memenuhi keinginan pelanggan yang satu ini yang telah kita ketahui menjadi input utama dalam kegiatan pendidikan. Keinginan mereka agar dapat menjadi yang terbaik melalui program-program sekolah yang mereka geluti, keinginan mereka agar selalu mendapat perhatian dari gurunya yang rindu akan bimbingan serta arahan kepada perkembangan jiwa dan raganya. Sekolah yang memiliki kemampuan berinovasi tiada henti sehingga siswa tidak merasa jenuh berada di dalamnya. Sekolah yang tidak hanya mementingkan perkembangan fisik sekolah tetapi lebih mengutamakan perkembangan aspek moralitas siswa. Sekolah yang mampu membaca potensi setiap siswa dan mengawal mereka untuk mencapai hasil lebih dari potensi yang dimiliki. Demikian pula siswa menjadi senang berada di sekolah bukan sebaliknya seakan sekolah bagai penjara yang di dalamnya selalu ada tekanan yang mereka harus alami tiap harinya. Sekolah yang tidak hanya mengandalkan aturan serta sanksi sebagai pengendali situasi sekolah namun lebih daripada itu lebih menitik beratkan pada pendekatan persuasif yang bersifat lebih manusiawi. Sekolah yang dapat memberikan apresiasi kepada seluruh siswa berdasarkan jenis kecerdasan yang ada pada mereka bukan hanya apresiasi itu diberikan kepada sekelompok siswa yang hanya menilai sebagian kecil aspek kompetensi. Karena prinsipnya adalah bahwa semua anak dilahirkan dengan potensi masing-masing yang harus kita hargai.
Sekolah dapat menjadi harapan bagi para orang tua jika sekolah tersebut mampu menjadi mitra dalam pendidikan dan pembinaan anak mereka. Mereka merasa apa yang disiapkan sekolah sesuai dengan keinginan mereka sehingga tidak ada keragu-raguan jika harus mempercayakan pembinaan anak mereka di sekolah kita. Sekolah yang mampu membangun kerjasama, komunikasi yang berkesinambungan, manajemen yang jelas antara orang tua dan sekolah menjadi kunci keberhasilan sekolah membangun hubungan positif dengan orang tua siswa.
Sekolah dapat menjadi harapan bagi guru jika sekolah tersebut mampu mengakomodasi segala kebutuhan guru terutama kebutuhan dari segi peningkatan kualitas individu yang berimplikasi pada kegiatan belajar mengajar yang diharapkan. Sekolah senantiasa memberikan perhatian lebih terhadap apa saja yang menunjang lahirnya jiwa keprofesionaslimean dalam diri tiap guru, baik dari segi fisik maupun non fisik. Membangun suasana persaudaraan antara segenap warga sekolah, baik guru dengan guru yang lainnya, guru dengan pimpinan, dan seterusnya. Sekolah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada guru untuk meningkatkan kompetensi melalui suplai fasilitas dan dorongan semangat. Sekolah harapan adalah sekolah yang dapat menjadi pabrik lahirnya guru-guru berkualitas yang penilaiannya bukan pada ada tidaknya sertifikat profesi. Sekolah yang mampu menanamkan kepada guru arti sebuah kebersamaan dalam perjuangan, semangat kerja keras, serta memaksimalkan proses menuju hasil yang dicita-citakan.
Ini yang terakhir, bagaimana sekolah dapat menjadi harapan bagi masyarakat luas. Jika semua komponen sekolah baik itu pimpinan sekolah, guru, orang tua, dan siswa mampu menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing maka itulah sekolah harapan masyarakat. Bukan begitu?


Terimakasih telah membaca postingan "MTS RAUDHOTUSHIBYAN MENUJU SEKOLAH UNGGULAN DAN TERBAIK" semoga ini menjadi sebuah harapan dan doa untuk mewuudkan sebuah kontribusi lembaga pendidkan bagi kemajuan bangsa. Amin...

Admin Sistem Informasi Madrasah (SIM)

Written by

Terima kasih telah berkunjung ke blog sekolah kami, semoga postingan postingan kami ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin. Semoga berkenan menlis komentar untuk bahan perbaikan kami kedepan.

0 Comments:

Posting Komentar

 

© 2013 MTS RAUDHOTUSHIBYAN. All rights resevered. Designed by Semar Mesem

Back To Top