KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan hidayahNya, kami
dapat menyelesaikan penyusunan Kurikulum MTsS Raudhotushibyan Nagrak Tahun
Pelajaran 2014/2015.
Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Standar
Nasional Pendidikan yang diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013,
setiap madrasah mengembangkan kurikulum
berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan
berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum MTsS Raudhotushibyan Nagrak ini mengacu pada
standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan
nasional. Standar nasional pendidikan tersebut meliputi standar isi, proses,
kompetensi lulusan,pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana,
pengelolaan, pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Oleh sebab itu
kurikulum ini disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan
kebutuhan dan potensi yang ada di MTsS Raudhotushibyan Nagrak Kab. Sukabumi
Kami menyadari bahwa Kurikulum MTsS Raudhotushibyan Nagrak Kab. Sukabumi yang
telah kami susun ini masih memiliki banyak celah kekurangan dan jauh dari
sempurna. Oleh sebab itu, segala kritik, saran, dan masukan yang konstruktif
dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan.
Kepala MTsS
Raudhotushibyan Nagrak Kab. Sukabumi menyampaikan penghargaan dan ucapan terima
kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyelesaian
Kurikulum MTsS Raudhotushibyan ini.
Nagrak, 20 Juli 2014
Kepala MTs. Raudhotushibyan
Ujang Hujaeri Resimen
NIP -
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
PPERMOHONAN PENGESAHAN KURIKULUM
KATA PENGANATAR
DAFTAR ISI ...................................................................................................... .... i
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ............................................................................. .... 1
B.
Landasan Hukum ......................................................................... .... 2
C.
Tujuan Pengambangan Kurikulum ............................................... .... 3
D.
Prinsip pengembangan Kurikulum ................................................ .... 6
E.
Acuan Oprasional Pengembangan Kurikulum .............................. .... 8
F.
Profil Madrasah ............................................................................ .... 9
BAB II TUJUAN, VISI, MISI MADARASAH
A.
Tujuan Pendidikan Nasional Jenjang Menengah .......................... .... 12
B.
Visi Madarsah dan Indikator Visi ................................................ .... 12
C.
Misi Madrasah .............................................................................. .... 12
D.
Tujuan Madarsah .......................................................................... .... 13
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN
KURIKULUM
A.
Struktur Kurikulum ...................................................................... .... 15
B.
Muatan Kurikulum ....................................................................... .... 20
1.
Mata Pelajaran .......................................................................... .... 20
2.
Muatan Lokal ........................................................................... .... 65
3.
Kegitan Pengembanga Diri ...................................................... .... 98
4.
Pengaturan Beban Belajar ........................................................ .... 106
5.
Ketuntasan Belajar ................................................................... .... 108
6.
Kriteria Kenaikan Kelas dan Pelulusan Peserta Didik ............. .... 111
7.
Pendidikan Kecakapan Hidup ................................................. .... 118
8.
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global ............... 123
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
A.
Permulaan Tahun Pelajaran ........................................................... .... 124
B.
Pengaturan waktu belajar epektif ...................................................... 124
C.
Pengeaturan waktu libur ................................................................... 124
0 Comments:
Posting Komentar