Jumat, 03 Oktober 2014

KURIKULUM MTS RAUDHOTUSHIBYAN 2014/2015

22.08

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan hidayahNya, kami dapat menyelesaikan penyusunan Kurikulum MTsS Raudhotushibyan Nagrak Tahun Pelajaran 2014/2015.
Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan yang diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013, setiap madrasah  mengembangkan kurikulum berdasarkan Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum MTsS Raudhotushibyan Nagrak ini mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan tersebut meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan,pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Oleh sebab itu kurikulum ini disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di MTsS Raudhotushibyan Nagrak Kab. Sukabumi
Kami menyadari bahwa Kurikulum MTsS Raudhotushibyan Nagrak Kab. Sukabumi yang telah kami susun ini masih memiliki banyak celah kekurangan dan jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, segala kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan.
Kepala MTsS Raudhotushibyan Nagrak Kab. Sukabumi menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyelesaian Kurikulum MTsS Raudhotushibyan ini.

Nagrak, 20 Juli  2014
Kepala MTs. Raudhotushibyan


Ujang Hujaeri Resimen
NIP  -











DAFTAR ISI
           
LEMBAR PENGESAHAN
PPERMOHONAN PENGESAHAN KURIKULUM
KATA PENGANATAR
DAFTAR ISI ...................................................................................................... .... i

BAB        I   PENDAHULUAN                                                                                          
A.       Latar Belakang ............................................................................. .... 1
B.       Landasan Hukum ......................................................................... .... 2
C.       Tujuan Pengambangan Kurikulum ............................................... .... 3
D.       Prinsip pengembangan Kurikulum ................................................ .... 6
E.        Acuan Oprasional Pengembangan Kurikulum .............................. .... 8
F.        Profil Madrasah ............................................................................ .... 9

BAB        II   TUJUAN, VISI, MISI MADARASAH
A.       Tujuan Pendidikan Nasional Jenjang Menengah .......................... .... 12
B.       Visi Madarsah dan Indikator Visi ................................................ .... 12
C.       Misi Madrasah .............................................................................. .... 12
D.       Tujuan Madarsah .......................................................................... .... 13

BAB        III  STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM                                        
A.       Struktur Kurikulum ...................................................................... .... 15
B.       Muatan Kurikulum ....................................................................... .... 20
1.   Mata Pelajaran .......................................................................... .... 20
2.   Muatan Lokal ........................................................................... .... 65
3.   Kegitan Pengembanga Diri ...................................................... .... 98
4.   Pengaturan Beban Belajar ........................................................ .... 106
5.   Ketuntasan Belajar ................................................................... .... 108
6.   Kriteria Kenaikan Kelas dan Pelulusan Peserta Didik ............. .... 111
7.   Pendidikan Kecakapan Hidup ................................................. .... 118
8.   Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global ...............      123

BAB        IV   KALENDER PENDIDIKAN                                                                    
A.       Permulaan Tahun Pelajaran ........................................................... .... 124     
B.       Pengaturan waktu belajar epektif ...................................................... 124
C.       Pengeaturan waktu libur ................................................................... 124




Written by

Terima kasih telah berkunjung ke blog sekolah kami, semoga postingan postingan kami ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin. Semoga berkenan menlis komentar untuk bahan perbaikan kami kedepan.

0 Comments:

Posting Komentar

 

© 2013 MTS RAUDHOTUSHIBYAN. All rights resevered. Designed by Semar Mesem

Back To Top