Kamis, 27 Maret 2014

Program Sarpras

07.49

PROGRAM KERJA WAKASEK SARANA PRASARANA
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr………Wb.

       Puji syukur kehadirat Allah SWT kita panjatkan, bahwasanya sampai saat ini kita senantiasa dalam keadaan sehat walafiat. Tidak lain karena Rahmat, taufik serta hidayah Allah Swt. Mudah-mudahan kita senantiasa dalam lindunganya, Amiin.

      Selanjutnya kita ucapkan syukur Alhamdulillah bahwa tahun pelajaran 2013/2014 telah berakhir dengan selamat dan sukses, tidak lain karena partitsipasi, kerjasama, bantuan dan do’a restu dari semua pihak terutama pihak yang menangani urusan sarana dan prasarana. Begitu pula sampai saat ini dengan bekal, petunjuk saran dan pengarahan ibu kepala MTs. Roudatushiyan Nagrak, kami dapat menyelesaikan program sarana dan prasarana sekalipun sangat sederhana dan masih banyak kekuranganya

      Sesuai dengan keterbatasan kemampuan kami, tentu saja banyak kekurangan dan kelemahanya. Oleh karena itu teguran kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan.
Atas  bantuan, do’a dan restu para teman sejawat, disampaikan terima kasih.


Wassalamualaikum  Wr....... Wb






Mengetahui                                                                                         Sukabumi, 15 Juli 2013
Kepala MTs. Roudatushiyan Nagrak                                                          Wakasek Urusan
                                                                                                              Sarana dan Prasarana





U. HUJAERI S.Pd.I                                                                    EMAN SULAEMAN S.Pd.I
NIP :3141 7596 6111 0041                                                             NIP : 5347 43643200012






PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH
URUSAN SARANA DAN PRASARANA
MTS. ROUDATUSHIYAN NAGRAK
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014


BAB I
PENDAHULUAN

A.   DASAR

1.   Surat keputusan kepala MTs. Roudatushiyan Nagrak Nomor : 422.1/     / I04.  403/
      2013    tanggal 15 Juli 2013 tentang pembagian tugas guru dalam kegiatan proses belajar
      mengajar, guru pembimbing dan konseling, wali kelas dan guru pembina tahun Pelajaran
      20013/2014
2.   Surat keputusan kepala MTs. Roudatushiyan Nagrak Nomor : 422.1  /    / I04.  403/
      2013    tanggal 15 Juli 2013 tentang penetapan wakil kepala sekolah, Guru pembina dan
      Koordinator BP/BK.
3.   Bahwa dalam memperlancarkan pelaksanaan tugas kepala sekolah.,maka wakil kepala
      sekolah dipandang perlu menyusun kerja tahunan sebagai pedoman kerja untuk membantu
      sebagian tugas-tugas kepala sekolah
4.   Program kerja tahunan SMP Negeri  3 Sukabumi                                                           tahun pelajaran 2013/2014
5    Program kerja kepala MTs. Roudatushiyan Nagrak tahun pelajaran 2013/2014
6.   Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
7.   Hasil rapat penerrimaan siswa baru dan kalender pendidikan tahun pelajaran 2013/2014 .  
      Sesuai Hasil keputusan rapat pada tanggal 19 Juni 2013 tentang pembagian tugas guru dan  
      UPTD MTs. Roudatushiyan Nagrak tahun pelajaran 2013/2014

B.  MAKSUD DAN TUJUA
1.       Maksud
       Sebagai pedoman kerja wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya selama tahun pelajaran 2013/2014
2.       Tujuan
1.      Untuk mengetahui rencana dan program kerja yang akan di laksanakan sehingga dapat mencapai tujuan yang optimal.
2.       Sebagai bahan masukan bagi penyusunan program dan pertimbangan kepala sekolah dalam menetapkan kebijaksanaan serta langkah–langkah pengembangan sekolah selanjutnya.
3.       Agar dapat melaksakan tugas secara rinci, efektif dan efisien sesuai dengan bidang tugas wakasek urusan sarana dan prasarana.



C.  RUANG LINGKUP DAN SASARAN

1.      Ruang lingkup

        Adapun ruang lingkup rencana dan program kerja tahunan, selama tahun pelajaran 2013/2014 Wakil kepala seklah urusan sarana dan prasarana adalah :
1.      Program umum
2.      Program khusus
3.       Program jangka pendek
4.        Program jangka panjang

       2.    Sasaran
Sasaran dari program tahunan wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana adalah untuk membantu sebagian tugas-tugas kepala sekolah dalam kelancaran kegiatan proses belajar mengajar di  MTs. Roudatushiyan Nagrak.































BAB  II
PROGRAM  KERJA


Di dalam penyusunan program kerja Wakil kepala sekolah urusan sarana dan prasarana dapat kami kemukakan sebagai berikut:

A.   PROGRAM UMUM
1.         Membantu tugas kepala sekolah di dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah sehari-
        harinya terutama menyangkut urusan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan
        prasarana.
2.         Menyedikan, mengatur, memelihara sarana dan prasarana sekolah dengan pelaksanaan
        kegiatan sekolah dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan lancar.  
        Tentu saja hal ini tidak lepas dari pengawasan.
3.         Mengupayakan kepada seluruh aparat penyelenggara sekolah (guru,
 karyawan,                 maupun siswa) akan pentingnya kesadaran diri untuk ikut  
 memelihara keindahan dan kebersihan lingkungan sekolah sebagai unsur ketahanan  
 sekolah.
4.         Memikirkan, mengusahakan sarana dan prasarana yang belum ada/diadakan serta  
        mengganti memperbaiki sarana dan prasarana yang telah rusak.
5.         Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana sekolah.
6.         Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana sekolah
7.         Mengelola dalam pembiyaan alat-alat pengajaran
8.         Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana sekolah





B.   PROGRAM KHUSUS

Program khusus ini dilaksanakan secara rutin yang meliputi :
1.         Pemeliharaan kebersihan dan keindahan sekolah serta lingkungan secara teratur dengan  
        meningkatkan tugas kerja karyawan.
2.     Menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan sekolah        
        seperti alat tulis menulis serta kertas dan lain-lain.
3.        Mencatat dan mangawasi penggunaan sarana dan prasarana sekolah secara teratur agar         
        setiap saat dapat diketahui.
4.        Pembinaan tenaga karyawan baik bagian kebersihan maupun bagian pemeliharaan sarana   
       dan prasarana sekolah agar mereka sadar dan mampu meningkatkan partisipasi di dalam   
       menunjang penyelenggaraan sekolah sesuai dengan tugasnya masing-masing.
5.       Mengikutsertakan pamong, karyawan serta siswa agar ikut memelihara sarana dan  
       prasarana yang ada disekolah, begitu pula mengenai kebersihan serta keindahan sekolah  
       dengan lingkungannya
6.       Mengkoordinir kebersihan ruangan kelas, ruang UPTD, ruang guru dan ruang kepala  
       sekolah setiap hari.
7.       Mengkoordinir kebersihan halaman sekolah, kebersihan taman, kebersihan kamar kecil
       serta kebutuhan air kamar kecil setiap hari.


C.   PROGRAM JANGKA PENDEK

1.        Kebersihan dan keindahan meliputi :
a.       Kebersihan dan keindahan di dalam dan di luar ruang dan seluruh ruang yang ada di sekolah dengan cara
    - Meningkatkan pesan serta tenaga kerja karyawan agar bekerja sebagai mana mestinya
     -  Setiap ruangan dibersihkan pagi hari oleh siswa Kelas VII dan Kelas IX yang menempati  
       ruangan tersebut sebelum jam 07.00 dan sebelum jam 12.00 bagi siswa  Kelas VIII yang
       masuk siang.
     -  Ruang guru, ruang kepala sekolah dan ruang UPTD dibersihkan oleh karyawan
       atau  pegawai UPTD setiap hari secara bergilir sebelum jam 07.00.
      -  Membersihkan lorong-lorong kelas atau ruangan dan halaman sekitar oleh penjaga   
       malam
       pada malam hari.
      - Membersihkan halaman depan dan belakang ruang kelas oleh masing-masing siswa yang  
       menempati ruangan tersebut setiap hari.
b.        Kebersihan kamar kecil
                    Diusahakan agar selalu terpelihara kebersihannya dengan penyediaan air yang cukup  
                    sehingga tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu pada ruang sekitarnya.   
                    Dengan cara ruang kamar   kecil ini dibersihkan 2 kali dalam satu minggu oleh karyawan  
                    atau
                    petugas kebersihan UPTD .
c.         Kebersihan dan keindahan taman
            Secara rutin kebersihan dan keindahan  taman dilakukan dengan cara:
- Taman dijaga kebersihannya setiap hari oleh petugas taman pada halaman depan dan  
              belakang sekolah
- Taman yang berada di depan ruangan kelas dijaga kebersihannya oleh siswa yang     
   menempati    
               ruangan tersebut setiap hari.
- Menjaga kesuburan bunga dan tanaman setiap hari oleh petugas taman.
2.    Penyediaan dan penambahan sarana dan prasarana
           Sarana dan prasarana yang sangat diperlukan untuk kelengkapan sekolah yang diprioritaskan  
           antara lain:
     


a.     Perlengkapan
1.    Memperbaiki atap dan resplang yang rusak ( Kayu mengalami pelapukan )
2.    Memperbaiki plafon ruangan dan teras yang rusak
3.    Memperbaiki jalan pintu masuk yang rusak
4.    Memperbaiki got/saluran air yang tersumbat
5.    Mebuat sumur Bor untuk mengairi Taman dan lapangan
6.    Memasang atau mengganti kran air yang rusak.
7.    Penataan taman di depan kelas dan ruang guru
8.    Penataan dan penggunaan alat dan bahan laboraturium
9.    Pembuatan papan data keadaan guru, keadaan pegawai UPTD, struktur organisasi sekolah,  
       strutur organisasi laboraturium dan UPTD
10.     Memperbaiki/mengganti kaca jendela ruang kelas, dan ruangan yang lainya yang pecah .
b.     perala
1.    Pengadaan alat kebersihan dan keindahan kelas
  2.    Pengadaan alat olahraga dan kesenian untuk meningkatkan prestasi dan kegiatan  
         pengembangan diri siswa
3.    Pengadaan papan white board untuk ruang kelas dan untuk data perpustakaan
4.    Pengadaan mesin pompa air
7.       Pengadaan LCD proyektor
8.    Pengadaan meja dan kursi praktikum laboraturium IPA
9.       pengadaan buku-buku perpustakaan/buku pelajaran untuk siswa dan pegangan guru
 10.     pengadaan kitab suci Al-Qur’an untuk kegiatan IMTAQ dan pengembangan diri siswa
 11.     pengadaan alat-alat perawatan Taman
c.   Perbaikan meja dan kursi  yang rusak secara rutin dan teratur
   
    d.  Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah dengan pencatatan yang  
           teratur serta pengecekan setiap akhir bulan















D.   PROGRAM JANGKA PANJANG
1.      Memperbaiki jalan masuk dengan fluur atau memasang paving blok
2.      Membuat jalan antar kelas dengan memasang paving blok
3.      Pembangunan  lokal RKB
4.      Pembangunan 1 lokal ruang laboraturium bahasa
5.      Pembangunan 1 lokal ruang serba guna/ruang keterampilan untuk kegiatan pengembangan  
      diri siswa
7.      Pembangunan pagar (terali) depan sekolah
8.     Pembangunan 1 buah post Satuan pengaman (satpam)
9.     Pembangunan Kamar mandi musholah / melanjutkan pembangunan musholah untuk  
      menunjang   kegiatan IMTAQ dan pengembangan diri siswa
10.  Pembuatan taman baru pada halaman sekitar Lapangan basket dan Masjid
11. Pengembangan tempat Parkir Mobil Guru


E.    LAIN-LAIN
     Apabila ada yang termasuk dalam susunan rencana diatas dan hal tersebut ternyata memang perlu/diperlukan, serta anggaran masih memungkinkan, maka hal tersebut dapat dilakukan / dilaksanakan sesuai persetujuan kepala sekolah

























BAB III
PENUTUP

Demikian program yang dapat kami susun dengan segala kemampuan kami yang ada, namun demikian kami percaya bahwa masih banyak kekuranganya
Hal tersebut terjadi karena memang keterbatasan kami. Oleh karena itu kami mohon maaf yang stingi-tingginya atas kesalahan dan kekurangan tersebut serta mohon kritik dan saran agar program untuk tahun yang akan datang dapat lebih baik lagi







Mengetahui                                                                                         Sukabumi, 15 Juli 2013
Kepala MTs. Roudatushiyan Nagrak                                                          Wakasek Urusan
                                                                                                              Sarana dan Prasarana





U. HUJAERI S.Pd.I                                                                    EMAN SULAEMAN S.Pd.I
NIP :3141 7596 6111 0041                                                             NIP : 5347 43643200012

















JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

No
Jenis Kegiatan
Pelaksanaan
1

2

3

4
Program umum

Program Khusus

Program Jangka pendek

Program jangka panjang
Mulai 15 Juli 2013  s.d. 30 Juni 2014

Mulai 15 Juli 2013  s.d. 30 Juni 2014

Mulai September 2013 s.d. Juni 2014

Mulai 15 Juli 2013  s.d. 30 Juni 2014
                                                                                             




Mengetahui                                                                                            Sukabumi, 15 Juli 2013                                               
Kepala MTs.Roudatushiyan Nagrak                                                             Wakasek urusan
                                                                                                                  Sarana dan Prasarana

                                                                                                                                               


U. HUJAERI S.Pd.I                                                                  EMAN SULAEMAN S.Pd.I
NIP : 3141 7596 6111 0041                                                          NIP : 5347 43643200012


Written by

Terima kasih telah berkunjung ke blog sekolah kami, semoga postingan postingan kami ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Amin. Semoga berkenan menlis komentar untuk bahan perbaikan kami kedepan.

0 Comments:

Posting Komentar

 

© 2013 MTS RAUDHOTUSHIBYAN. All rights resevered. Designed by Semar Mesem

Back To Top